Social Icons

Pages

Minggu, 08 Mei 2011

Cara Boot Scan Virus Dengan Avast


Dulu saya gak percaya dengan anti virus avast, tapi berhubung karena sering sekali saya format laptop saya karena terinfeksi virus jadi saya mencobanya, dan hasilnya cukup memuaskan. sampai sekarang OS saya masih berkerja dengan sempurna walaupun setiap hari menjelajah di dunia maya. Satu system penghapusan virus yang menghuni laptop or PC yaitu ada boot-scan. Dengan cara boot-scan virus yang ada di system operasi komputer kita akan terdeteksi dengansempurna karena pada waktu boot-scan OS dalam keadaan tidak sedang berkerja, sehingga virus gampang untuk terdeteksi. Kenapa saya pilih avast untuk dipercayakan jadi pengaman/pelindung komputer saya? Karena avast selain hebat menghapus virus di komputer juga sangat ringan dan tidak menggangu kinerja perangkat lunak yang lain walaupun sedang berkerja. Beda dengan antivirus yang lain yang pernah saya pakai. Saya biasanya harus menunggu atau menghentikan pekerjaan di komputer pada saat antivirus sedang berkerja.
Jika anda bukan pengguna avast dan ingin mencoba avast antivirus sebaiknya gunakan yang free saja jangan gunakan yang pro atau internet security yang crack-an sebaiknya beli langsung saja ke Vendornya. Karena menurut pengalaman saya yang pro sama IS  yang memakai crack itu bila update sering bermasalah. Bukannya buang masalah tapi membawa masalah pada komputer kita . Jadi lebih baik gunakan yang free saja seperti yang saya gunakan. Jika anda ingin mencoba Avast antivirus langsung saja download di penyedia aslinya yaitu http://www.avast.com atau anda ingin mendownloadnya langsung silahkan download disini 
atau juga bisa langsung disini
Memang avast walaupun hanya memberikan masa trialnya hanya 30 hari saja. Akan tetapi anda jangan khawatir saya ada solusinya yaitu key agar antivirus avast hilang dari masa trial dan masa penggunaanya cukup lama yaitu sampai tahun 2038. Mungkin anda akan bertanya apakah itu bisa di update? Yang jelas bisa dan updatenya secara online dan gak akan bermasalah. Untuk mendapat key registernya download saja disini.

Sekarang saya beritahu caranya boot-scan virus avast :

Tahap awal anda buka antivirus avast melalui desktop icon atau icon avast yang berada di taskbar.

Langkah selanjutnya adalah klik button navigasi SCAN COMPUTER terus klik Boot-time Scan. selanjutnya setting scan sensityfnya menjadi High, setelah selesai kemudian klik Schedule Now. lihat contoh pada gambar dibawah ini :

Dan setelah anda klik schedule now maka akan muncul Unschedule (untuk membatalkan scan) dan Restart Computer.
Jika anda ingin langsung men-scan langsung saja klik Restart Computer, namun jika belum ingin men-scan tutup saja window avast antirus tanpa meng-klik Unschedule. Nanti pada waktu anda menonaktifkan komputer dan wakt u akan meng-aktifkan kemabali boot-scan akan langsung berkerja. Biarkan saja avast men-scan boot dan jangan diESc sampai benar-benar semua drive anda telah discan oleh avast. Jika terdapat virus di komputer anda, Avast akan memberitahu apakan virus yang terdeteksi mau di hapus atau di simpan dalam gudang virus.
 Selamat mencoba bagi yang baru memakai avast dan lihat hasilnya apakah sama dengan antivirus yang sebelumnya anda pakai. Hanya andalah yang menilai.
Mohon maaf jika tutorial saya ini agak ribet memahaminya berhubung saya bukan penulis yang baik. Saya membuat tutorial ini karena ada teman yang meminta saya untuk membuatnya..
semoga bermamfaat.



11 komentar:

  1. oke thanks ya bro gue akan coba...

    BalasHapus
  2. semoga berhasil.. karena menurut pengalaman saya Virus Ramnit susah di basmi jika dalam keadaan windows lagi beroperasi..
    Thanks ya sudah mapir ke blog saya...

    BalasHapus
  3. gue mau tanya??
    tuh key registernya masih berlakugak??
    dan bagaimana cara updatenya??
    mohon infonya

    BalasHapus
  4. wah saya juga pengguna avast tapi belum pernah tau menggunakan bootscan, maklum gue jarang update xixixixixi

    BalasHapus
  5. bisa ga disetting setelah boot scan lgsg shutdown gt :P

    BalasHapus
  6. apa cuma avast yang ada bootscannya bro???

    BalasHapus
  7. Bro rai... Avast antivirus lumayan ringan lah... dan gak mengganggu walaupun kita buka banyak aplikasi.. :d

    BalasHapus
  8. nuvvnu <-- :)) ok nanti saya cari tau dulu ya :P

    BalasHapus
  9. OM KENAPA PAS GW BUKA AVASTNYA TULISANYA TANDA SILANG BUKAN CEKLIST

    BalasHapus